Sejarah Perkembangan Konsol Video Game

Tags

Sejarah Game - Game merupakan hal yang digemari saat ini, Keberadaan video game atau biasa disebut game saja sudah menjadi suatu hal favorit bagi para gamers di seluruh dunia. Game juga menjadi salah satu hiburan yang menjadi terobosan baru di awal pembuatannya. Jika ditarik ke belakang lagi, konsol video game pertama kali dicetuskan pada pertengahan abad 19. Berawal dari sistem pertahanan peluru kendali yang kemudian diadaptasi dalam bentuk permainan sederhana di tahun 1950. Perlahan permainan game pun mulai berkembang. Perusahaan komersial konsol permainan video game pertama kali yang dibentuk pada tahun 1971 bernama Computer Space. Hal ini kemudian menandai perkembangan game ke depannya yang akan didominasi oleh perusahaan perusahaan game asal Jepang, Amerika Serikat dan Eropa.

Sejarah Perkembangan Konsol Video Game

Sejarah perkembangan game secara umum dapat dibagi dalam delapan periode generasi, mulai dari generasi pertama game hingga yang terbaru generasi kedelapan.

Game Generasi Pertama

Konsol video game generasi pertama berawal dari perilisan Magnavox Odyssey di tahun 1972 hingga tahun 1977. Awalnya game berbasis pong menjadi populer di era itu. Meski begitu kesuksesan mikroprosesor berbasis kontrol membuat game generasi pertama mulai ditinggalkan.


Game Generasi Kedua

Konsol game generasi kedua mulai berkembang. Perkembangan video game generasi kedua erat kaitannya dengan sejarah perkembangan komputer yang ditandai dengan era 8 bit di akhir 70-an. Ada banyak konsol game yang dirilis di era ini seperti Fairchild Channel F atau Magnavox Odyssey versi 2 serta Atari 5200 yang menjadi favorit di era ini.


Game Generasi Ketiga

Konsol game generasi ketiga dimulai di awal 1980an. Generasi ini ditandai dengan dipasarkannya FAMICOM yang kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System asal Jepang. Sementara di Amerika Serikat lebih didominasi oleh NES. Konsol game generasi ketiga juga mulai menggunakana 8-bit processor dan kemudian naik pada sisten 16-bit seperti Mega Drive. Munculnya Nintendo dan SEGA kemudian sempat memunculkan perseteruan konsol game sengit yang pertama.


Game Generasi Keempat

Generasi keempat juga disebut era 16 bit. Nintendo dan SEGA masih menjadi primadona. Nintendo mengandalkan konsol game GameCube sedangkan SEGA dengan konsol game DreamCast. Keduanya selalu bersaing dengan menghadirkan game game yang menyajikan gambar gambar yang lebih tajam, grafis yang bagus dan animasi yang alus. Nintendo dan SEGA mampu menguasai pasar game dan terlibat perseteruan perang game dengan berlomba-lomba membuat inovasi dan terobosan baru.


Game Generasi Kelima

Generasi kelima konsol game pun dimulai dan ditandai dengan era 32 bit. Dalam era ini, muncul konsol game populer PlayStation produksi Sony. Kemunculan PlayStation yang disingkat PS mampu membuat gebrakan tersendiri dalam industri game ke depannya. PS mampu mematahkan dominasi Nintendo GameCube dan SEGA DreamCast dan menjadi konsol game paling populer di generasi kelima.


Game Generasi Keenam

Perkembangan konsol video game generasi keenam ditandai dengan banyaknya konsol game next generation populer seperti Xbox yang diluncurkan oleh Microsoft. Sementara itu Nintendo, SEGA atau Sony PlayStation pun tetap bersaing dalam industri video game. Kehadiran PS2 membuat Sony masih menjadi favorit. Persaingan sengit dalam industri game pun mengakibatkan SEGA DreamCast akhirnya jatuh dan kalah bersaing.


Game Generasi Ketujuh

Konsol game generasi ketujuh makin canggih dengan banyaknya konsol game next generation terbaru yang keluar. Sony PlayStation meluncurkan konsol game PS3 setelah sukses dengan PS dan PS2. Sementara konsol next-gen Nintendo adalah Nintendo Wii. Microsoft tak mau kalah dengan konsol game Xbox 360. Kemajuan teknologi membuat fitur game online pada konsol game banyak digunakan.


Game Generasi Kedelapan

Perkembangan konsol game pada generasi kedelapan dimulai sejak tahun 2012. Konsol konsol game pun semakin canggih seiring dengan perkembangan gadget dan teknologi yang semakin maju. Konsol game next-generation yang  terbaru seperti PS4 pun dirilis dan makin meramaikan industri pasar game dunia.


Itulah sedikit informasi mengenai perkembangan sejarah konsol video game update terbaru. Perkembangan konsol video games memang makin berkembang sejak munculnya game generasi pertama hingga memasuki era game modern di generasi kedelapan. Tentunya menarik melihat inovasi dan terobosan terbaru dalam dunia konsol game ke depannya. Semoga info tersebut bermanfaat.


-GameSetting-

Mokhammad Zakky

1 komentar so far

makasih informasi nya sangat membantu, untuk saya yang masih bingung tetang sejarah dunia game.


EmoticonEmoticon