Dampak Positif dan Manfaat Bermain Game

Tags

Bermain game mungkin menjadi salah satu aktivitas paling digemari saat ini. Bagaimana tidak, nge-game merupakan kegiatan favorit untuk mengisi waktu luang dan refreshing. Kita bisa bermain game lewat gadget kita seperti handphone atau smartphone dengan praktis. Sementara yang lain mungkin menghabiskan waktu dengan bermain video game di konsol game seperti PS, Xbox atau lewat komputer dan laptop masing-masing. Namun banyak yang mengatakan bahwa bermain game hanya buang-buang waktu saja karena banyak dampak negatif yang ditimbulkan.


Memang jika terlalu sering bermain game akan menimbulkan sejumlah akibat dampak negatif. Meski begitu bermain game tidak sepenuhnya negatif, karena game juga memiliki sejumlah dampak positif. Manfaat game ini juga bisa menimbulkan efek positif bagi kecerdasan dan skill di dunia nyata. Apa saja manfaat game? Berikut merupakan penjelasan dampak positif dari bermain video game.

Dampak Positif dan Manfaat Bermain Game

Manfaat Bermain Game


1. Meningkatkan kinerja otak

Bermain game tidaklah semudah kelihatannya, karena banyak judul game dengan tingkat kesulitan yang expert. Dalam hal ini, otak kita tentu akan bekerja untuk bisa menyelesaikan tiap tantangan dalam game. Para peneliti pun banyak yang mengungkapkan bahwa dengan bermain game dapat meningkatkan kerja otak dan juga IQ dari gamers.

2. Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris

Tentu untuk game yang dirilis secara internasional, mayoritas bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Secara tidak langsung, hal ini membuat gamers menjadi sedikit terbiasa dengan penggunaan bahasa Inggris yang kerap ditemui di game game terkenal. Game menjadi sarana tepat untuk melatih kemampuan bahasa Inggris.

3. Cepat dalam pengambilan keputusan dan lebih kreatif

Gamers yang handal biasanya memiliki kemampuan pemecahan masalah yang cepat. Problem solving memang dibutuhkan dalam game untuk bisa menyelesaikan tiap challenge yang ada. Gamers pun akan lebih kreatif karena terbiasa dengan membuat keputusan dan menyelesaikan puzzle yang banyak ditemui dalam video game.

4. Melatih skill motorik serta koordinasi mata dan tangan

Dengan bermain video game juga dapat meningkatkan skill motorik kita yang penting bagi pertumbuhan anak anak. Gamers akan lebih tangkas dalam hal koordinasi antara mata dan tangan karena sudah terbiasa menerapkannya saat bermain game.

5. Menghilangkan stress

Bermain game bisa dibilang sebagai kegiatan refreshing. So, dengan bermain game, kita bisa saja menghilangkan rasa lelah atau stress yang melanda. Game akan membuat kita melupakan beban yang ada untuk sementara dan bisa berdampak positif pada kondisi metal para gamers.

6. Melatih kerja sama tim

Game tidak hanya bisa dimainkan satu orang saja (single player), namun juga ada yang multi-player. Dalam beberapa video game terdapat permainan yang mengharuskan kita untuk melakukan kerjasama untuk mencapai tujuan dalam game. Kebutuhan akan teamwork biasanya banyak ditemui di game game online.


Nah, itu tadi daftar manfaat bermain game yang berguna bagi kinerja otak, skill motorik hingga kondisi mental kita. Tentu bermain game boleh-boleh saja, asal tahu waktu. Artinya kita tidak boleh berlebihan dalam bermain game dan dibatasi dengan kegiatan lain seperti belajar dan istirahat.


-GameSetting-

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon