Pengertian dan Macam Macam Game RPG (Role-Playing Games)

Tags

RPG (Role-Playing Game) merupakan jenis game dimana tiap pemain memerankan suatu karakter dalam suatu setting fiksi. Game RPG menjadi salah satu jenis genre game yang populer saat ini. Popularitas game jenis ini ditunjang dengan sistem online. Banyak ditemui game online dengan genre RPG yang terkenal dan menjadi favorit dari para gamers di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Banyak ditemui game RPG bagus baik di PC, Android atau konsol game seperti PS dan Xbox. Game RPG juga memiliki beberapa macam jenis subgenre. Berikut kami tampilkan pengertian dan definisi game RPG serta jenis dan macam macamnya.

Pengertian dan Macam Macam Game RPG (Role-Playing Games)

Pengertian Game RPG

Game RPG memungkinkan para players untuk memerankan suatu peran atau karakter dalam setting dunia fiksi alam game. Tiap pemain kemudian harus memerankan karakter sesuai dengan perannya untuk bisa mengembangkan permainan. Game RPG juga membuat tiap player bisa memilih custom characters sesuai dengan yang mereka inginkan. Dalam game RPG, biasanya juga tersedia fitur single player ataupun multiplayer.

Terdapat jalan cerita yang ada di tiap game RPG. Para pemain pun harus mengikuti instruksi sesuai peran masing-masing untuk melanjutkan storyline dalam game. Selain player character, juga terdapat non-playing character yaitu karakter dalam game yang tidak bisa dimainkan. Ada juga istilah game master (GM) yang bertindak sebagai wasit atau pengadil dalam membuat peraturan dan setting yang digunakan. Dalam game RPG, juga terdapat jenis dan macam macam tipe role-playing games sebagai berikut.

Macam Macam Game RPG

MMORPG
MMORPG merupakan singkatan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Games. MMORPG merupakan kombinasi game RPG dan game massively multiplayer online dimana banyak pemain yang ikut berinteraksi dalam satu dunia virtual. Genre game ini menjadi salah satu yang paling digemari karena melibatkan ratusan bahkan ribuan pemain dari seluruh dunia dalam satu virtual world yang sama,

LARP
LARP merupakan singkatan dari Live Action Role Playing Games. LARP merupakan bentuk game RPG dimana tiap pemain secara langsung harus melakukan aksi untuk karakter masing-masing. Dalam hal ini artinya gerakan karakter juga dipengaruhi oleh gerakan pemain.

Tabletop RPG
Tabletop Role Playing Games merupakan jenis game RPG dimana peserta mendeskripsikan aksi karakter mereka melalui kata kata. Jenis game ini juga disebut sebagai pen-and-paper role-playing game. Pemain pun harus berimproviasi untuk menentukan alur dan arah game.

Forum RPG
Forum RPG atau juga disebut sebagai online text-based role-playing game merupakan jenis game RPG yang dimainkan secara online dengan berbasis teks. Terdapat beberapa pendapat yang menyatakan bahwa jenis ini merupakan bentuk dari video game RPG atau hanya komunikasi antar manusia melalui teks.



Itulah info mengenai pengertian dan definisi game RPG atau Role-Playing Games serta jenis jenis subgenrenya. Saat ini game RPG menjadi salah satu game paling digemari, terutama pada subgenre MMORPG dimana pemain bisa bermain dengan pemain lain dalam jumlah banyak dari seluruh dunia pada satu dunia virtual. Sekian info dan berita game terbaru kali ini.


-GameSetting-

Mokhammad Zakky

1 komentar so far

yang d gambar itu game apa ya gan??


EmoticonEmoticon