Cara Main Game PS1 di PC Komputer/Laptop

Tags

Di era modern sekarang, perkembangan game pun menjadi kian canggih. Beberapa konsol game terbaru terus bermunculan, mulai dari PS4, Wii U atau Xbox One. Selain itu masih banyak juga yang memainkan game game jadul klasik seperti PS1 atau PS2. Namun selain konsol game, kita juga bisa bermain game di komputer atau laptop. Game game yang tersedia di PC pun bervariasi karena kita juga bisa memainkan game game dari konsol lain, seperti PlayStation (PS1). Lalu bagaimana caranya kita bisa main game PS1 di komputer atau laptop kita?

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita bisa memainkan game game PS1 di perangkat personal computer (PC) kita. Kali ini akan kita ulas mengenai cara main game PS di PC dengan menggunakan software emulator ePSXe. Seperti diketahui, emulator ePSXe merupakan sebuah aplikasi yang digunakan agar kita bisa memainkan game game PlayStation agar kompatible di PC. Berikut cara dan langkah-langkahnya selengkapnya.

Cara Main Game PS1 di PC Komputer/Laptop

Cara Main PS1 di PC


1. Download emulator ePSXe
Langkah pertama adalah dengan melakukan download emulator ePSXe. Emulator PS1 untuk PC ini bisa diunduh di situs-situs download software di internet.

2. Extract emulator ePSXe
Setelah didownload, segera extrak emulator tersebut dengan menggunakan winrar.

3. Setting emulator ePSXe
Buka ePSXe.exe. Akan muncul Wizard Guide saat pertama kali membuka aplikasi ini. Alternatif lain bisa memilih menu Config, lalu pilih Wizard Guide.

4. Configuring the BIOS
Langkah selanjutnya yaitu Configuring the BIOS, pengaturan untuk mengatur BIOS. Pilih default yang direkomendasikan (recommended) yaitu SCPH001-USA. Lalu tekan Next.

5. Configuring the Video
Langkah selanjutnya yaitu Configuring the Video, pengaturan untuk mengatur video. Pilih video plugins yang direkomendasikan (recommended) yaitu Pete D3D atau Pete's Open GL, sesuai dengan kualitas video PC yang digunakan. Lalu tekan Next.

6. Configuring the Sound
Langkah selanjutnya yaitu Configuring the Sound, pengaturan untuk mengatur suara. Pilih audio plugins yang direkomendasikan (recommended) yaitu ePSXe SPU Core 1.9.0. Lalu tekan Next.

7. Configuring the CD Rom
Langkah selanjutnya yaitu Configuring the CD Rom, pengaturan untuk mengatur CD Rom. Pilih CD Rom yang direkomendasikan (recommended) yaitu ePSXe CDR WNT/W2K core. Lalu tekan Next.

8. Configuring the Pads
Langkah selanjutnya yaitu Configuring the Pads, pengaturan untuk mengatur kontroller. Pilih Controller 1 untuk mengubah tombol bagi player 1 dan pilih Controller 2 untuk mengubah tombol bagi player 2. Tombol yang digunakan biasanya adalah keyboard atau joystick controller yang disambungkan ke PC. Jika sudah diatur, tekan OK. Lalu tekan Next.

9. Download game PS1 dengan format file ISO
Pengaturan konfigurasi ePSXe sudah selesai. Langkah selanjutnya yaitu mendownload game PS1 yang ingin kita mainkan. Upayakan untuk mendowload game yang memiliki format file ISO atau format lain yang kompatibel.

10. Pilih menu Run ISO pada ePSXe
Buka kembali aplikasi emulator ePSXe tersebut. Klik File, lalu pilih menu Run ISO. Cari dan pilih file game PS1 yang sudah kita download sebelumnya.

11. Mainkan game PS1
Game PS1 akan terbuka dan kita bisa memainkan game PS1 di PC. Sebagai catatan, terdapat beberapa game PS1 yang mungkin akan kurang optimal jika dimainkan di PC, seperti adanya penurunan kualitas video atau suara. Namun hal ini merupakan kasus yang jarang ditemukan.


Itulah informasi lengkap mengenai tips trik cara main PS1 di PC, baik itu komputer atau laptop. Dibutuhkan aplikasi emulator ePSXe untuk bisa memainkan game game PlayStation 1 di komputer kita. Sebagai catatan kita juga bisa mengubah pengaturan yang kita lakukan di awal tiap saat di menu Config lalu pilih Wizard Guide. Semoga info cheat game tersebut bermanfaat.


-GameSetting-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon