Cheat, Tips dan Trik Bermain PES 2013

Tags

Game dengan tema sepakbola merupakan salah satu yang paling digemari sejak dulu. Mulai dari zaman game Winning Eleven hingga sekarang, game bola selalu menjadi piliah utama dari para gamers di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. PES atau Pro Evolution Soccer merupakan salah satu game bola paling populer saat ini. Meski mungkin game FIFA keluaran EA Sports akhir-akhir ini lebih diminati, namun di Indonesia, game PES masih menjadi yang nomor satu. Grafik yang bagus menjadi kelebihan utama dari games rilisan Konami ini. Selain itu gameplay PES juga tidak kalah bagus dan selalu berkembang di tiap edisi yang dikeluarkan.

Di antara beberapa edisi PES yang telah rilis, Konami PES 2013 mungkin menjadi salah satu yang paling bagus dan favorit. Meski berbagai seri game PES terbaru, seperti PES 2014 hingga PES 2017 telah dirilis, namun versi 2013 masih banyak diminati dan sering dimainkan hingga sekarang. PES 2013 dirasa memiliki gameplay yang lebih baik dibanding pendahulunya, yaitu PES 2012. Tak heran saat perilisannya, game ini kemudian menjadi favorit para gamers.

Tentu dibutuhkan trik dan skill khusus untuk bisa ahli dalam memainkan game ini. Sejumlah cheat PES 2013 pun dibutuhkan karena cara bermainnya yang cukup beda dengan versi versi lainnya sehingga tidak semua akan langsung bisa memainkan versi 2013 ini. Berikut akan kami tampilkan berbagai tutorial PES 2013 berupa cheat dan trik yang bisa dilakukan agar bisa dengan cepat mahir memainkan game ini.

Cheat, Tips dan Trik Bermain PES 2013

Cheat dan Trik Bermain PES 2013


Attacking

Menyerang merupakan aspek utama dalam sepakbola, tak terkecuali dalam game ini. Dalam melakukan serangan dibutuhkan kesabaran ekstra, terutama di bagian gelandang. Ya, posisi midfielder menjadi cukup krusial di PES 2013 dan dituntut untuk tidak langsung memberi umpan terobosan. Cobalah untuk mencari celah kosong untuk memberi umpan ke barisan penyerang. Hal ini untuk mencegah counter attack lawan jika serangan kita berhasil diantisipasi oleh lawan.

Defending

Selain menyerang, bertahan juga penting. Biasanya orang awam akan mengandalkan teknik R1 + X untuk merebut bola dari lawan, yang otomatis membuat pemain terdekat kita berlari ke arah lawan untuk merebut bola. Teknik ini sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan karena musuh akan dengan mudah melewati pemain bertahan kita. Cobalah untuk melakukan zona marking dengan tidak terburu-buru berlari ke arah lawan. Rebut bola dengan mengarahkan secara manual dan beri pressing seperlunya ke lawan.

Set Pieces

Tendangan bebas menjadi kesempatan emas untuk bisa mencetak gol. Di game PES 2013, free kick diatur sedemikian rupa dan harus dipelajari dengan baik agar bisa ahli. Pilihlah penendang dengan atribut shooting yang paling baik dalam tim. Saat akan menendang, tekan tombol L1 dan R1 secara bersamaan, kemudian tekan dan tahan tombol arah bawah, setelah itu langsung tekan tombol kotak, kira-kira 70% dari shoot power gauge yang tersedia. Setelah tendangan dilakukan, langsung lepas tombol bawah dan ganti tekan tombol X plus tombol arah yang diinginkan. Dengan teknik yang benar, maka kemungkinan gol lewat tendangan bebas besar terjadi.

Taktik dan formasi

Pengaturan formasi menjadi hal yang krusial. Berbagai taktik dan strategi yang digunakan tentu akan mempengaruhi performa tim. Formasi yang digunakan bersifat fleksibel, jika ingin lebih menyerang bisa menggunakan formasi 4-3-3 atau bahkan 4-2-4, namun jika ingin lebih seimbang, formasi 4-4-2 atau 4-2-3-1 menjadi formasi terbaik. Strategi lain yang ampuh dalam PES 2013 adalah supersub, yaitu mengganti pemain yang lebih fresh. Lakukan ini sekitar menit ke 60 ke atas, agar pemain fresh yang baru kita masukkan bisa memiliki kemungkinan kontribusi besar memanfaatkan lawan yang kehabisan tenaga.


Itulah beberapa tips dan trik PES 2013 yang bisa digunakan saat bermain game tersebut. Tentunya untuk bisa menjadi master dalam game ini dibutuhkan keahlian dan strategi yang jitu. Dan meskipun berbagai versi PES terbaru telah dirilis, namun PES 13 masih sering dimainkan hingga sekarang hingga menjadi salah satu game bola terfavorit.


-GameSetting-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon