Detail Spesifikasi dan Review PlayStation 2 (PS2)

Tags

PlayStation (PS) merupakan salah satu series konsol game terbaik dan terpopuler di dunia. Sejak perilisan seri PS1 di tahun 1994, konsol game ini langsung populer dan banyak digemari di seluruh dunia. Setelah sukses besar dengan perilisan konsol PS seri pertama, Sony Computer Entertainment selaku perusahaan pengembang kemudian merilis seri kedua, PlayStation 2 atau biasa disebut PS2. Perilisan game ini dilakukan pertama kali pada tanggal 4 Maret 2000 di Jepang, sebelum dirilis di daerah lain seperti Eropa, Amerika Utara dan Australia beberapa bulan kemudian. 

PS2 dirilis dan termasuk dalam konsol video game generasi keenam. Hal ini berarti konsol game ini berada dalam level yang sama dengan saingannya dari perusahaan lain, yaitu Xbox produksi Microsoft, GameCube produksi Nintendo dan DreamCast produksi Sega. PS2 mampu sukses di pasaran melebihi pesaing-pesaingnya. Konsol game ini menjadi yang terlaris dan sangat booming di awal tahun 2000-an. Hingga kini, PlayStation 2 menjadi konsol game tersukses sepanjang masa. Total penjualan konsol ini mencapai lebih dari 150 juta unit di seluruh dunia. Hal ini menjadi rekor, mengalahkan konsol game lain yang lebih baru dan canggih. 

Detail Spesifikasi dan Review PlayStation 2 (PS2)

Lebih dari 3800 judul game telah dirilis dan bisa dimainkan di PS2. Sejumlah game PS2 yang paling populer antara lain yaitu GTA San Andreas, Resident Evil 4, Tekken 5, Gran Turismo 4, Final Fantasy XII, God of War dan Guitar Hero II. Konsol game ini pun masih banyak dimainkan hingga sekarang meski sudah muncul konsol canggih seperti PS3 atau PS4. Berikut kami tampilkan detail spesifikasi dari PS2 selengkapnya.


Detail Review Game PlayStation 2 (PS2)

Nama Resmi : PlayStation 2
Produksi : Sony Computer Entertainment
Generasi : Keenam
Tanggal Perilisan : 4 Maret 2000 (Jepang), 26 Oktober 2000 (Amerika Utara), 24 November 2000 (Eropa), 30 November 2000 (Australia)
Tipe : Konsol video game
Rekor Penjualan : 155 juta 
Game Tersukses : Grand Theft Auto: San Andreas (GTA) (terjual 17,3 juta)
Pemberhentian Produksi : 4 Januari 2013
Penerus : PlayStation 3 (PS3), PlayStation 4 (PS4)



Media : DVD, CD
CPU : Emotion Engine at 294,912 MHz with 128-bit SIMD capabilities
Memori : 32MB of Direct RAMBUS or RDRAM, 4MB eDRAM
Penyimpanan : Memory Card PS2 (8MB), Add-On Hard Drive (40GB)
Grafik : Graphics Synthesizer clocked at 147,456 MHz
Sound : Dolby Digital 5.1, DTS 5.1
Input : DualShock 2, DualShock, EyeToy
Memory Card : Space 8MB
Online servis : Dynamic network, Authentication system


Dengan total penjualan mencapai 150 juta unit, PlayStation banyak disebut sebagai konsol game paling laris dan paling sukses sepanjang sejarah. Hal ini membuat game ini mampu bertahan lama dan terus diproduksi meskipun banyak konsol yang lebih baru dan canggih telah dirilis. PS2 akhirnya resmi diberhentikan produksinya pada 4 Januari 2013, atau sekitar 13 tahun sejak perilisan, jangka waktu yang cukup lama untuk ukuran konsol game. Konsol game ini kemudian diteruskan oleh penerusnya, yaitu PS3 dan PS4. Semoga informasi game tersebut bermanfaat.


-GameSetting-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon