Sejarah Perkembangan Game PC Komputer

Tags

Game PC Komputer - Perkembangan dunia gadget dan teknologi semakin berkembang di tiap tahunnya, termasuk pada perkembangan komputer atau PC. Sejatinya komputer digunakan hanya untuk mempermudah tugas dan pekerjaan saja. Namun seiring berkembangnya zaman, penggunaan komputer mulai meluas dan menjadi multifungsi, salah satunya juga untuk bermain game. Dimulai di era 70-an, game game PC mulai menjadi primadona di era 80-an dan 90-an. Kehadiran game PC tentunya menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi para user komputer atau pun laptop, karena mereka bisa memainkan game di PC tanpa harus membeli konsol game lain seperti PlayStation, Xbox atau Nintendo Wii. Komputer pun menjadi multifungsi, baik untuk membantu menyelesaikan pekerjaan atau untuk bermain game.

Sejarah Perkembangan Game PC Komputer

Perkembangan game PC komputer sendiri berawal pada era 70-an, tepatnya pada tahun 1972. Saat itu pertama kali dirilis perangkat video game yang juga menandai perkembangan konsol game. Setelah itu dunia game pun mulai berkembang pesat dengan adanya beberapa konsol video game dari beberapa perusahaan yang bergerak di bidang game. Komputer yang mulai muncul pun menjadi populer karena game bisa dimainkan lewat PC. Meski begitu baru pada era 80-an game PC komputer mulai benar-benar meluas. 

Di era 80-an orang-orang lebih memilih membeli PC dibandingkan dengan konsol game. Alasannya karena kehadiran komputer sangat fungsional, bisa untuk bermain game namun juga bisa produktif untuk bekerja. Akibatnya game PC sempat merajalela di tengah populernya konsol game di era itu seperti Nintendo NES. Banyak juga game game PC yang ada, meski dengan tampilan simple jika dibandingkan dengan sekarang. Pelopor PC Game saat itu adalah Commodore 64, konsol sekaligus personal computer yang menyediakan tampilan grafis 16-warna dan memiliki kapasitas memori yang lebih baik daripada konsol game pada umumnya.

Di era 90-an game PC semakin meluas. Kehadiran game PC pun sejajar dengan konsol konsol game populer lainnya. Berbagai PC game yang bagus dan berkualitas muncul tiap tahunnya. Hal ini berlanjut hingga era millenium sampai sekarang. Saat ini game PC pun makin digemari. Apalagi beberapa game menyediakan fitur online yang membuat penggemar game PC membludak. Selain itu game game PC juga memiliki kualitas yang setara dengan konsol game canggih lain dari generasi terbaru, seperti Sony PS4, Nintendo Wii U atau Microsoft Xbox One.


Kelebihan Game PC Komputer

Game PC memang tidak kalah menarik dari game console. Pada game PC memang terdapat keterbatasan fitur dari joystick serta resolusi dan aspek teknis lainnya, yang memang harus bergantung dari spesifikasi komputer atau laptop. Namun saat ini juga sudah banyak PC dengan spek tinggi yang bisa digunakan untuk bermain game dengan kualitas grafis dan gameplay yang canggih.

Kelebihan dari game PC juga terdapat pada kapasitas memori video card-nya yang lebih besar dari konsol game pada umumnya. Selain itu ketajaman gambar juga lebih halus dan detail, dibandingkan dengan konsol game yang dimainkan lewat media televisi. Ketajaman gambar di televisi cenderung lebih rendah dan game biasanya dimainkan dari jarak dekat. 

Dalam beberapa tahun terakhir, game game PC banyak didominasi dari beberapa genre saja, seperti game PC RPG, strategy, simulasi atau FPS. Sistem jaringan LAN (Local Area Network) juga memungkinkan kita bermain multiplayer dengan user dari komputer yang berbeda. Untuk bisa memainkannya, gamers juga bisa menghubungkan PC atau komputer pada sebuah jaringan sehingga bisa memainkan bersama meski tanpa adanya koneksi internet. Selain itu fitur game online juga menjadi daya tarik utama, meski harus memakai akses internet.

Dengan perkembangan yang pesat, game PC kini sudah mendominasi pasar game dunia. Banyak yang lebih memilih PC game jika dibandingkan dengan konsol game game terbaru. Tak heran jika banyak bermunculan game game PC terbaru yang siap dimainkan dan menjadi favorit para gamers di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.


-GameSetting-

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon