Informasi Permainan Game Arcade (Ding-Dong)

Tags

Game Arcade - Permainan arcade adalah sebuah genre permainan real-time komputer yang menggunakan sebuah mesin elektronik dengan dilengkapi tombol-tombol kontrolernya serta membutuhkan koin untuk memainkannya. Di Indonesia, games arcade ini populer dengan sebutan permainan Ding-Dong. Game arcade merupakan salah satu jenis game lama. Games arcade sempat menjadi primadona game di era akhir 70-an, 80-an dan awal 90-an. Berbagai judul game arcade yang paling populer antara lain adalah Pac-Man, Space Invaders, Mario Bros, Street Fighter, Donkey Kong dan lain-lain.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, games arkade pun mulai ditinggalkan. Munculnya game game canggih yang bagus menjadi penyebab utama kemerosotan peminat dari game arcade. DI era modern ini memang banyak bermunculan konsol game game baru yang canggih seperti seri Sony PlayStation, seri Microsoft Xbox, seri Nintendo Wii atau pun game PC komputer yang bisa didowload dengan mudah. Hal inilah yang membuat game game arkade ditinggalkan dan kini jarang ditemui lagi.

Permainan Game Arcade

Jika di Indonesia game arkade disebut dengan permainan ding-dong, maka di luar negeri sering disebut game coin-op. Tak heran karena game arcade memang membuthkan koin untuk bisa dimainkan. Game arcades sering ditempatkan di berbagai tempat-tempat umum seperti mall, bar, restoran dan lain-lain. Meski begitu, kini jumlahnya merosot drastis dan tidak terlalu diminati lagi. Di Asia terutama di negara-negara seperti Korea dan Jepang, game arcades masih banyak ditemui di tempat-tempat umum.

Permainan arkade memiliki beberapa ciri dan karakteristik sendiri. Game arcade biasanya hanya memiliki level yang singkat dan tidak terlalu panjang. Tiap kenaikan level, maka karakter dan tingkat kesulitan juga akan bertambah. Selain itu kontrol permainan biasanya juga simple dan sangat mudah. Meski begitu dibuthkan kelincahan ekstra untuk memegang kontrol dan mengendalikan objek game dengan baik dan cepat. Oleh karena itu dibutuhkan waktu untuk bisa menyesuaikan diri dengan controller game arcade ini.

Berbagai tipe arcade game yang populer antara lain adalah fighting game, survive game, pinball games, racing game dan lain-lain. Ada juga yang bersifat simulation game dengan menggunakan kontroller objek tambahan seperti setir mobil untuk game racing atau tembak senapan untuk game perang. Grafik dalam arcade game biasanya adalah 2D meski tentu juga banyak yang sudah menggunakan grafik 3D. Kini sebutan 'game arcade' pun juga sudah menjadi sebuah sebutan genre bagi game-game PC yang tingkat permainannya simple dan mudah dan juga bersifat adiktif.

Itulah sekilas informasi dan pembahasan mengenai sejarah perkembangan, karakterisik dan detail dari permainan game arcade. Game arcade memang sempat menjadi populer di era 70-an dan 80-an, meski sekarang sudah tidak terlalu diminati seiring dengan kemajuan teknologi dan banyaknya konsol game canggih lainnya.


-GameSetting-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon