Macam-Macam dan Jenis Genre Game

Tags

Genre Game - Perkembangan pesat dalam dunia game membuat ada banyak game-game baru bermunculan tiap tahunnya. Saat ini sudah tidak terhitung jumlah video game yang beredar dari berbagai platform dan konsol game populer. Tiap game bisa diklasifikasikan dan dibedakan berdasarkan ragam permainan dan genre games. Genre game digunakan untuk menggolongkan video games berdasarkan jenis dan tipe visual dan naratif, serta interaksi bidang yang ada dalam game tersebut. Penggolongan games ini cukup penting dan memiliki banyak fungsi, antara lain untuk mencari video games yang sejenis atau untuk membedakan judul-judul game yang dijual di toko game.

Terkadang sebuah game bisa memiliki lebih dari satu genre, bisa dua, tiga atau banyak genre yang bias disebit hybrid-genre games. Selain itu juga tidak ada aturan resmi dalam pembagian genre film dimana tiap referensi selalu ada sedikit perbedaan mengenai genre utama dan subgenre game. Untuk itu semua juga dikembalikan pada pendapat individu yang bersangkutan. Berikut akan kami tampilkan daftar macam dan jenis jenis genre games pada umumnya yang banyak digunakan sebagai referensi dalam menentukan genre game versi berbagai versi.

Macam-Macam dan Jenis Genre Game


1. Action Game

Action Game adalah permainan game yang bertema action yang menghadirkan aksi laga di dalam permainannya. Untuk itu refleks dan akurasi waktu dibutuhkan oleh gamers untuk memainkan game yang penuh adegan baku tembak dan baku hantam ini.

2. Adventure Game

Adventure Game adalah permainan game yang bertema petualangan. Dalam game ini banyak menghadirkan aksi dalam petualangan seperti menjelajah tempat-tempat baru berupa pulau, lautan atau hutan.

3. Arcade Game

Arcade Game adalah tipe permainan yang bersifat simple dan mudah. Game arkade tidak terlalu mementingkan unsur jalan cerita, dan hanya bersifat for fun saja. Tujuannya biasanya hanya mengumpulkan poin tertinggi untuk kesenangan.

4. Fighting Game

Fighting Game adalah game pertarungan dan perkelahian antara dua karakter dan biasanya bisa dimanikan multiplayer. Biasanya terdapat kombinasi gerakan dan jurus dari tombol-tombol kontroller yang digunakan untuk mengalahkan musuh.

5. Racing Game

Racing Game adalah game yang bersifat balapan untuk mencapai garis finish. Dalam hal ini keterampilan mengemudi akan berpengaruh. Namun game racing tidak hanya game yang berkaitan dengan balap sepeda, motor atau balap mobil, namun juga balap lari atau balap fantasi lainnya.

6. Role-Playing Game (RPG)

Role-Playing Games biasa disingkat game RPG. Game tipe ini memungkinkan kita berperan sebagai tokoh dalam sebuah game. Biasanya fungsinya untuk menyelesaikan misi atau quest dalam game. Game RPG biasanya cukup kompleks. Selain itu juga terdapat subgenre yaitu MMORPG, singkatan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Games yang sempat menjadi tren di kalangan game online.

7. Shooter Game

Shooter Games adalah game permainan yang berhubungan dengan tembak menembak. Game ini biasanya bertema tentang perang, militer atau terorisme. Ketrampilan dalam mengendalikan pistol dan senapan sangat dibutuhkan. Ada 2 jenis shooter game, yaitu :
First-Person Shooter (FPS), game shooter dengan perspektif orang pertama.
Third Person Shooter (3PS), game shooter dengan perspektif orang ketiga.

8. Simulation Game

Simulation Game adalah game permainan yang mengharuskan kita melakukan simulasi terhadap suatu misi. Simulation games cukup populer. Ada beberapa jenis simulation game, yaitu antara lain :
Construction Simulation, game simulasi tentang bangunan dan konstruksi suatu wilayah
Life Simulation, game simulasi tentang manusia dan kehidupan
Vehicle Simulation, game simulasi tentang kendaraan dan transportasi

9. Sports Game

Sports Game adalah game permainan yang bertema olahraga. Tipe ini berbeda dengan tipe racing. Beberapa olahraga yang populer dijadikan game antara lain adalah sepakbola, bola basket, bola voli, tennis, tinju, gulat dan lain-lain.

10. Strategy Game

Strategy Game adalah game permainan yang bertema strategi. Game ini mengharuskan kita mengatur taktik dan strategi pada suatu objek misi yang dicapai dalam sebuah game. Ada beberapa subgenre game astrategi, yaitu antara lain :
Real-Time Strategy (RTS), game strategi tentang membangun suatu bangsa, mengatur sumber daya dan berperang dengan bangsa lain.
Turn-Based Strategy (TBS), game strategi yang pemainnya menunggu giliran bergerak.

    Jenis Genre Game lain

    • Board Games
    • Card Games
    • Mini Games
    • Music Games
    • Puzzle Games

    Itulah informasi mengenai macam macam dan jenis genre game populer yang diupadate terbaru. Genre genre game tersebut bisa berkembang lagi seiring dengan perkembangan dan inovasi dalam dunia game yang bersifat fleksibel. Semoga informasi dunia game tersebut bisa bermanfaat.


    -GameSetting-

    Mokhammad Zakky


    EmoticonEmoticon